Find Us On Social Media :

Geografi Kelas XI SMA: Mengenal Apa Itu Poros Maritim Dunia

Poros maritim ialah konsep strategis yang menempatkan laut sebagai poros utama dalam pengembangan dan pembangunan nasional.

GridKids.id - Apakah kamu pernah mendengar istilah poros maritim dunia, Kids?

Berdasarkan materi Geografi kelas XI SMA, kali ini kita akan mencari tahu apa yang dimaksud dengan poros maritim dunia, ya.

Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah dan posisinya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, menjadikan laut sebagai elemen penting dalam strategi pembangunan nasional.

Termasuk salah satu negara kepulauan di dunia, Indonesia memiliki ribuan pulau dan garis pantai yang panjang.

Nah, hal ini berpotensi besar untuk mengembangkan jalur-jalur pelayaran yang penting ya, Kids.

Salah satu konsep penting yang diusung oleh pemerintah Indonesia adalah "poros maritim", sebuah strategi yang mencerminkan pengakuan akan potensi dan tantangan di laut.

Poros maritim bisa diartikan sebagai konsep strategis yang menempatkan laut sebagai poros utama dalam pengembangan dan pembangunan nasional.

Dalam konteks Indonesia, poros maritim mencakup pengelolaan sumber daya laut, keamanan maritim, konektivitas antarpulau, dan pembangunan ekonomi di wilayah pesisir.

Konsep ini juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk mencapai tujuan kemandirian maritim.

Tahukah kamu? Perubahan iklim, polusi laut, dan penurunan keberlanjutan ekosistem laut menjadi tantangan besar yang perlu diatasi bersama oleh negara-negara lintas-benua.

Melansir dari money.kompas.com, ndonesia sebagai negara maritim besar mengupayakan pengamanan kepentingan dan keamanan maritim, memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Geografi Kelas XI SMA: Pengertian dan Pengaruh Letak Indonesia Secara Geografis Terhadap Iklim