Find Us On Social Media :

Geografi Kelas XI SMA: Pengertian dan Pengaruh Letak Indonesia Secara Geografis Terhadap Iklim

Letak geografis bisa disebut sebagai letak relatif.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kita telah menjawab pertanyaan tentang keuntungan letak astronomis untuk Indonesia.

Nah, berdasarkan materi Geografi kelas XI SMA kita akan mencari tahu pengertian dan pengaruh letak Indonesia secara geografis.

Pengertian geografis menurut KBBI adalah berkaitan dengan geografi atau segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, dan hasil bumi,

Tahukah kamu? Letak geografis bisa disebut sebagai letak relatif.

Letak geografis Indonesia merujuk pada posisi geografis negara Indonesia di peta dunia.

Secara geografis terletak di antara dua benua dan dua samudra, yaitu benua Asia di sebelah utara dan benua Australia di sebelah selatan.

Sementara dua samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra Pasifik di sebelah timur dan Samudra Hindia di sebelah barat dan selatan.

Letak geografis Indonesia yang strategis antara dua samudra besar dan dekat dengan khatulistiwa memberikan dampak yang mencolok pada iklim di wilayah ini.

Selain itu, dengan posisinya yang berdekatan dengan khatulistiwa, Indonesia juga bisa menikmati iklim tropis sepanjang tahun yang mendukung keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apa saja pengaruh letak Indonesia secara geografis terhadap iklim, Kids.

Pengaruh Letak Indonesia Secara Geografis Terhadap Iklim

Baca Juga: Geografi Kelas XI SMA: Pengaruh Letak Astronomis Terhadap Pembagian Zona Waktu di Indonesia