Find Us On Social Media :

Materi IPS Kelas 9 SMP: Lembaga-Lembaga Kerja Sama Internasional

Contoh lembaga-lembaga kerjasama Internasional salah satunya Asean.

GridKids.id - Kids, kita akan membahas profil beberapa lembaga kerja sama internasional.

Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang kerja sama internasional.

Kerja sama internasional adalah hubungan baik antara dua negara atau lebih yang memiliki kesepakatan tertentu untuk saling memenuhi kebutuhannya.

Pada umumnya, negara-negara yang menjalin kerja sama merumuskan suatu perjanjian yang dilakukan dalam sebuah perundingan agar dapat memenuhi kepentingan semua pihak.

Terjadinya kerja sama internasional biasanya didorong oleh adanya keterbatasan kemampuan dari suatu negara untuk menghasilkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan rakyatnya, adanya perhatian terhadap situasi tertentu yang dapat mengancam keamanan bersama, atau adanya persamaan kepentingan terkait bidang tertentu.

Ada banyak lembaga kerja sama internasional yang berperan dalam berbagai bidang seperti ekonomi, keamanan, lingkungan, dan kesehatan.

Nah, ada pun beberapa lembaga kerja sama internasional yang cukup signifikan, seperti: 

1. ASEAN

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara.

Terbentuknya ASEAN atas inisiatif lima negara pendiri pada tanggal 8 Agustus 1967 melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Kelima negara pendiri tersebut yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Baca Juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Kerja Sama Antarnegara ASEAN, Apa Saja?