Find Us On Social Media :

Apa itu Kerja Sama Internasional? Pengertian, Prinsip dan Dampaknya

Kerja sama internasional adala suatu interaksi negara dengan tujuan memilki kepentingan bersama.

GridKids.id - Penting bagi suatu negara untuk berinteraksi dengan negara lain.

Melalui interaksi akan mendorong suatu negara untuk melakukan kerja sama internasional dengan negara lainnya.

Kerja sama internasional merujuk pada interaksi atau kolaborasi antara negara atau entitas internasional dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, dan keamanan.

Pengertian Kerja Sama Internasional

Kerja sama internasional adalah hubungan baik antara dua negara atau lebih yang memiliki kesepakatan tertentu untuk saling memenuhi kebutuhannya.

Pada umumnya negara-negara yang menjalin kerja sama merumuskan suatu perjanjian yang dilakukan dalam sebuah perundingan agar dapat memenuhi kepentingan semua pihak.

Tujuan dari kerja sama internasional adalah:

Terjadinya kerja sama internasional biasanya didorong oleh adanya keterbatasan kemampuan dari suatu negara untuk menghasilkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan rakyatnya, hingga adanya perhatian terhadap situasi tertentu yang dapat mengancam keamanan bersama

Kerja sama internasional dapat melibatkan perjanjian diplomatik, perjanjian perdagangan, proyek-proyek pembangunan bersama, pertukaran budaya, bantuan kemanusiaan, penanganan masalah lingkungan, dan banyak lagi.

Dalam konteks globalisasi saat ini, kerja sama internasional menjadi semakin penting untuk mengatasi tantangan global, seperti perubahan iklim, kemiskinan, penyebaran penyakit, dan masalah-masalah lainnya.

Baca Juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Kerja Sama Antarnegara ASEAN, Apa Saja?

Dampak Positif Kerja Sama Internasional

Kerja sama internasional yang dijalin antarnegara membawa beberapa dampak, di antaranya:

Negara-negara yang mengikuti kerja sama internasional bertujuan untuk menghindari permusuhan atau persaingan yang memicu konflik.