Find Us On Social Media :

5 Jenis Multukulturalisme dalam Masyarakat Lengkap dengan Definisinya

Masyarakat multikulturalisme adalah masyarakat yang memiliki beragam kebudayaan di dalamnya.

GridKids.id - Hai, Kids, pagi ini kamu akan diajak belajar bersama tentang materi masyarakat multikultural.

Indonesia sebagai bangsa yang majemuk dengan beragam perbedaan dalam masyarakat termasuk juga masyarakat multikultural, lo.

Tapi, setelah kamu mengerti hal itu apakah kamu bisa menjelaskan tentang apa itu yang dimaksud dengan masyarakat multikulturalisme?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, multikulturalisme merupakan gejala pada individu atau suatu masyarakat yang ditandai dengan kebiasaan dalam menggunakan lebih dari satu kebudayaan.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Supardi Suparlan, sebuah ideologi yang menjunjung tinggi perbedaan budaya atau sebuah keyakinan yang mengakui dan mendorong terwujudnya pluralisme budaya sebagai sebuah corak kehidupan masyarakat.

Multikulturalisme membentuk pandangan dunia yang akhirnya diimplementasikan dalam sebuah kebijakan tentang kesediaan menerima kelompok lain dalam kesatuan yang sama tanpa memperhatikan perbedaan di antara mereka.

Nah, kali ini kamu akan diajak membahas juga tentang jenis-jenis multikulturalisme dalam sebuah masyarakat, Kids.

Yuk, simak uraian penjelasan lengkap tentang satu persatu poin yang dimaksud berikut ini.

Jenis-Jenis Multikulturalisme

1. Multikulturalisme Akomodatif

Jenis di mana masyarakat yang punya kultur dominan yang melakukan penyesuaian dan akomodasi tertentu terhadap kultur minoritas seperti undang-undang, hukum, dan berbagai ketentuan yang dianggap sensitif secara kultural.

Baca Juga: 4 Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, yang Berbeda Tapi Tetap Bersatu