Find Us On Social Media :

Apa Itu Integrasi? Ini Penjelasan dan Contoh-contohnya

(Ilustrasi) Integrasi wilayah merupakan pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat atas unit-unit atau wilayah politik.

GridKids.id - Indonesia dapat dikatakan sebagai negara multikultural karena memiliki keragaman budaya, agama, suku, bangsa, dan ras.

Hal ini tercermin dalam keberagaman etnis dan kelompok agama di seluruh wilayah Indonesia.

Berbicara tentang satu kesatuan, maka tak akan bisa dilepaskan dari yang namanya integrasi.

Intergrasi merupakan suatu kelompok yang memiliki latar belakang berbeda namun bisa tinggal bersama-sama dalam suatu keadaan yang aman dengan mempertahankan kebudayaan masing-masing.

Oleh karena itu, supaya masyarakat bisa hidup berdampingan namun tanpa menghilangkan budaya dari setiap individu, maka dibutuhkan kesadaraan bagi semua masyarakat.

Dalam hal ini juga berkaitan dengan integrasi wilayah yang membutuhkan dua hal, yakni kejelasan konsep wilayah serta aparatur pemerintahan yang sigap.

Pengertian Integrasi Wilayah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berikut pengertian integrasi wilayah:

"Integrasi wilayah adalah pembentukan wewenang nasional pusat atas unit atau wilayah politik yang lebih kecil dan mungkin beranggotakan kelompok budaya atau sosial tertentu."

Integrasi wilayah merujuk pada proses atau upaya untuk menggabungkan atau mengintegrasikan wilayah-wilayah yang awalnya terpisah menjadi satu kesatuan yang lebih besar.

Integrasi wilayah dapat terjadi dalam berbagai konteks, seperti politik, ekonomi, atau sosial.

Baca Juga: 6 Karakteristik Iklim Matahari di Suatu Wilayah dan Penjelasannya, Apa Saja?