Find Us On Social Media :

3 Cara Menerapkan Kebijakan Fiskal Ekspansif, Materi Ekonomi Kelas XI SMA

Menurut penerapannya, kebijakan fiskal dibagi jadi dua jenis, kebijakan fiskal ekspansif dan kebijakan fiskal kontraktif.

GridKids.id - Bagaimana cara menerapkan kebijakan fiskal ekspansif, Kids?

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu cara menerapkan kebijakan fiskal ekspansif sesuai materi Ekonomi kelas XI SMA.

Menurut penerapannya, kebijakan fiskal dibagi jadi dua jenis, kebijakan fiskal ekspansif dan kebijakan fiskal kontraktif.

Secara umum, kebijakan fiskal dipahami sebagai tindakan-tindakan yang diambil oleh pemerintah terkait pengelolaan pendapatan dan pengeluaran publik untuk mencapai tujuan ekonomi tertentu.

Kebijakan ini melibatkan penggunaan instrumen-instrumen fiskal, seperti perubahan dalam pajak, belanja pemerintah, dan pengelolaan utang untuk mengendalikan aktivitas ekonomi.

Kebijakan fiskal ekspansif merupakan salah satu alat yang bisa digunakan oleh pemerintah untuk memicu pertumbuhan ekonomi, mengatasi resesi, dan menciptakan lapangan kerja.

Nah, kebijakan fiskal ekspansif melibatkan peningkatan pengeluaran pemerintah atau pemotongan pajak untuk meningkatkan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara menerapkan kebijakan fiskal ekspansif, ya.

Cara Menerapkan Kebijakan Fiskal Ekspansif

1. Menaikkan Pengeluaran Pemerintah

Pertumbuhan ekonomi bisa didorong melalui peningkatan pengeluaran pemerintah.

Baca Juga: Apa Saja Komponen dalam Kebijakan Fiskal? Materi Ekonomi Kelas XI SMA