Find Us On Social Media :

15 Fakta Menarik Kepulauan Mentawai, Benarkah Dihuni oleh Suku Tertua di Indonesia?

(ilustrasi) Wilayah Kepulauan Mentawai merupakan satu-satunya kabupaten yang wilayahnya terpisah oleh laut dengan Provinsi Sumatera Barat.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang fakta menarik Kepulauan Mentawai?

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu fakta-fakta menarik Kepulauan Mentawai, ya.

Bersumber dari regional.kompas.com, wilayah Kepulauan Mentawai merupakan satu-satunya kabupaten yang wilayahnya terpisah oleh laut dengan Provinsi Sumatera Barat.

Kepulauan ini memiliki empat pulau utama berpenghuni, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Selain itu, ada juga beberapa pulau kecil lainnya yang juga berpenghuni, namun sebagian besar hanya ditanami pohon kelapa.

Nah, pulau-pulau ini mayoritas dihuni oleh Suku Mentawai yang merupakan salah satu suku tertua di Indonesia.

Suku Mentawai diyakini telah tinggal di kepulauan ini selama ribuan tahun. Mereka memiliki ikatan kuat dengan pulau-pulau tempat mereka tinggal dan mengembangkan kehidupan yang bersatu dengan alam.

Kebudayaan dan adat istiadat yang dimiliki Suku Mentawai sangatlah kuat, meski berada di zaman modernisasi, mereka tetap teguh menjaganya.

Tahukah kamu? Kepulauan Mentawai juga diakui sebagai pusat keanekaragaman hayati, lo.

Pulau Siberut, salah satu pulau utama menjadi rumah bagi berbagai spesies langka, termasuk kera Mentawai yang hanya ditemukan di sini.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apa saja fakta menarik Kepulauan Mentawai, ya.

Baca Juga: 15 Fakta Menarik Taman Nasional Siberut yang Didiami oleh Suku Mentawai