Find Us On Social Media :

Seberapa Tinggi Burung Bisa Terbang Mengepakkan Sayapnya? #AkuBacaAkuTahu

Burung bisa terbang di langit, tahukah kamu seberapa tinggi burung bisa terbang dan mengepakkan sayap mereka?

GridKids.id - Burung adalah hewan yang bisa terbang dengan mengembangkan sayapnya.

Burung biasanya hinggap di tempat-tempat tinggi untuk berteduh dan membuat sarang atau rumah mereka.

Namun, tahukah kamu kalau beberapa spesies burung bahkan punya kemampuan untuk terbang jauh lebih tinggi dari pepohonan atau gedung-gedung pencakar langit?

Ketika burung berada di ketinggian, ribuan meter di atas permukaan tanah, udara yang dihirup makin tipis dan tubuh burung makin terasa dingin, Kids.

Dilansir dari laman kompas.com, burung nasar griffor Ruppell menjadi burung yang bisa terbang sangat tinggi hingga mencapai 11.728 m.

Saking tingginya burung ini terbang, pada 1974 dilaporkan sebuah kecelakaan tabrakan antara burung dengan pesawat yang berada di ketinggian tersebut.

Selain griffon Ruppell, ada beberapa spesies burung yang hidup di habitat dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut, Kids.

Beberapa spesies burung lain juga rutin terbang di ketinggian antara 3.000 - 4.000 meter ketika mereka bermigrasi setiap tahunnya.

Burung sebagai salah satu hewan vertebrata diketahui punya kemampuan bertahan di lingkungan yang cukup ekstrem dan menantang.

Bahkan burung kecil seperti burung pipit (Estrildidae) dan burung kolibri (Trochilidae) bisa ditemukan di ketinggian sekitar 5.000 meter, ketinggian yang hampir sama dengan keberadaan burung Kondor Andes yang tangguh.

Selanjutnya kamu akan diajak melihat berbagai spesies burung yang dikenal punya kemampuan terbang tinggi di langit. Apa saja, ya?

Baca Juga: Termasuk Burung, Kenapa Penguin Tak Bisa Terbang? #AkuBacaAkuTahu