GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang fungsi daftar riwayat hidup?
Daftar riwayat hidup juga biasa disebut sebagai curriculum vitae (CV).
Nah, setiap orang memiliki daftar riwayat hidup yang berbeda-beda sesuai dengan identitas diri masing-masing dan pengalamannya.
Melansir dari The Balance Careers dalam kompas.com, daftar riwayat hidup adalah dokumen yang bersikan informasi tentang sejarah pendidikan dan pekerjaan seseorang.
Nah, daftar riwayat hidup juga dipahami sebagai dokumen yang memberikan gambaran komprehensif tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi seseorang.
Tahukah kamu? Ada tiga jenis daftar riwayat hidup, yakni daftar riwayat hidup kronologis, daftar riwayat hidup gabungan, dan daftar riwayat hidup fungsional.
Daftar riwayat hidup bisa dibuat dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris, ya.
Lalu, apa saja yang harus ada di daftar riwayat hidup, Kids?
Perlu diketahui dalam daftar riwayat hidup terdapat identitas, deskripsi diri, pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, serta pengalaman kerja atau organisasi.
Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu fungsi dan tujuan daftar riwayat hidup serta ciri-cirinya, simak informasi di bawah ini.
Fungsi dan Tujuan Daftar Riwayat Hidup
Baca Juga: Daftar Riwayat Hidup: Pengertian dan Bentuknya, Kelas 6 SD Tema 5
1. Membantu perekrut dalam memilih kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau posisi yang tersedia.
2. Menyajikan informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi seseorang secara terperinci.
3. Memperlihatkan kualifikasi yang dimiliki seseorang untuk posisi tertentu serta keterampilan yang dapat mereka tawarkan.
4. Memungkinkan perekrut untuk membandingkan calon karyawan dalam aspek pendidikan, pengalaman, dan keterampilan yang dimiliki.
5. Sebagai alat pertama yang digunakan perekrut untuk memutuskan calon mana yang akan dipanggil untuk wawancara.
6. Membantu mengekspresikan potensi seseorang dan pencapaian yang mereka raih di masa lalu.
7. Memberikan informasi jelas tentang perjalanan karier, pendidikan, sertifikasi, dan prestasi yang dimiliki.
8. Menyesuaikan daftar riwayat hidup dengan posisi pekerjaan yang dilamar, menyoroti keterampilan dan pengalaman yang paling relevan.
Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri daftar riwayat hidup yang perlu diketahui, antara lain:
1. Fokus pada informasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
Baca Juga: Mengenal Daftar Riwayat Hidup, Dokumen Singkat Berisi Autobiografi
2. Informasi yang disajikan seharusnya langsung terkait dengan kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang dimiliki.
3. Memiliki struktur yang mudah diikuti, dengan bagian-bagian yang terorganisir dengan baik seperti pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan lainnya.
4. Selalu diperbarui dengan informasi terbaru, termasuk pengalaman kerja terkini, pelatihan, atau keterampilan baru yang diperoleh.
5. Harus memuat informasi yang jujur dan akurat.
6. Daftar riwayat hidup disesuaikan dengan posisi pekerjaan tertentu yang dilamar.
7. Ringkas tetapi cukup memberikan gambaran yang lengkap tentang kualifikasi seseorang.
8. Menyertakan referensi atau lampiran seperti portofolio, sertifikat, atau surat rekomendasi bisa menjadi nilai tambah.
Demikianlah informasi tentang fungsi dan tujuan daftar riwayat hidup serta ciri-cirinya, ya.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.