Find Us On Social Media :

Berbagai Kegunaan Etnografi dalam Studi Masyarakat, Antropologi XI SMA

Etnografer yang melakukan kajian etnografi harus mengambil data apa adanya dengan terlibat dan menjadi bagian dari suatu masyarakat.

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu masih akan membahas bersama tentang materi Belajar dari Rumah (BDR) Antropologi kelas XI SMA.

Di kesempatan sebelumnya kamu telah bersama-sama membahas tentang kedudukan etnografer dalam penelitian dan masyarakat.

Kali ini kamu akan melanjutkan pembahasan tentang kegunaan etnografi.

Manusia adalah makhluk yang penuh keberagaman, mulai dari kepercayaan, nilai-nilai yang dianut, hingga warisan benda dan tak benda yang dikembangkannya.

Etnografi sebagai sebuah narasi yang deskriptif punya gambaran tentang kebudayaan manusia yang punya beberapa peranan penting.

Gambaran ini penting untuk memahami rumpu manusia yang amat beragam.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat kegunaan etnografi dalam masyarakat, di antaranya:

Kegunaan Etnografi

1. Memahami Masalah Kompleks dalam Masyarakat

Kebudayaan manusia sangat beragam dan tiap individunya hidup dalam masyarakat modern dan kompleks sebenarnya hidup dengan banyak sekali kode budaya yang berbeda.

Etnografi sebagai metode penelitian punya peranan penting dalam memahami masyarakat dengan latar belakang, pola budaya, juga nilai-nilai budaya yang beragam dengan kehidupan yang super kompleks dan rumit.

Baca Juga: Kedudukan Etnografer dalam Penelitian dan Masyarakat, Antropologi Kelas XI SMA

Lewat etnografi, kita bisa melihat perbedaan budaya dan melihat berbagai jenis perspektif yang beragam lewat interaksi yang objektif.