Find Us On Social Media :

IPS Kelas 9 SMP: 7 Keuntungan E-Commerce di Era Digital

E-commerce menawarkan sejumlah keuntungan bagi berbagai pihak, termasuk konsumen, penjual, dan bisnis.

 

GridKids.id - Kids, kita akan belajar tentang E-commerce di era digital pada buku IPS Kelas 9 SMP.

E-commerce adalah singkatan dari "electronic commerce," yang dalam bahasa Indonesia berarti perdagangan elektronik.

Ini merujuk pada praktik membeli, menjual, dan melakukan transaksi bisnis secara online melalui internet.

Dalam E-commerce, produk dan layanan dapat dibeli dan dijual melalui berbagai platform elektronik, seperti situs web, aplikasi seluler, pasar online, dan platform sosial media.

Keuntungan keberadaan E-Commerce di era digital

Adapun berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari keberadaan E-Commerce saat ini:

1. Memiliki produk dan layanan yang bervariasi

Banyak pilihan yang ditawarkan dalam berbagai aplikasi E-Commerce yang memungkinkan kita untuk menimbang dan memilih produk dengan spesifikasi yang paling sesuai keinginan.

2. Memperpendek jalur distribusi

Saat berbelanja lewat E-Commerce, secara tidak sadar kita telah memperpendek jalur distribusi, bahkan tak jarang memotongnya saat kita bisa mendapatkan barang langsung dari produsennya.

3. Memiliki kemudahan pembayaran

Baca Juga: E-Commerce: Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan

E-Commerce turut mengembangkan sistem pembayannya sehingga memudahkan kita untuk melakukan transaksi, baik melalui layanan perbankan ataupun uang elektronik.

4. Mempermudah belanja kapan pun dan di mana pun

Dengan segala kemudahannya, E-Commerce memungkinkan kita untuk mendapatkan kebutuhan kapanpun dan di manapun selama di waktu dan tempat tersebut kita memiliki media dan koneksi internet.

5. Memiliki harga yang bersaing

Banyak pengurangan biaya dengan berjualan di E-Commerce.

Misalnya biaya untuk menyewa toko, membayar listrik dan air, hingga menggaji pegawai.

Pengurangan ini selanjutnya berpengaruh terhadap harga barang yang dijual sehingga bisa lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan di toko.

6. Pengalaman belanja yang personal

E-commerce sering kali menggunakan data konsumen untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi individu. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman belanja konsumen.

7. Kemampuan untuk memulai bisnis dengan modal yang lebih rendah

E-commerce memberi peluang bagi pemula dan pelaku usaha kecil untuk memulai bisnis tanpa harus berinvestasi dalam ruang fisik, inventori besar, atau biaya overhead yang tinggi.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Aplikasi E-commerce, Informatika Kelas 7 SMP

Maka dibalik kemudahan-kemudahan tersebut, aktivitas E-Commerce memiliki hal penting yang perlu untuk diwaspadai.

Karena tidak dapat bertemu langsung dengan pembeli dan melihat barang yang dijual, sebagai pembeli kita harus bisa berhati-hati agar tidak menjadi korban dari berbagai tindakan penipuan.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.