Find Us On Social Media :

Etnolinguistik: Mengkaji Keragaman Bahasa dan Budaya, Antropologi Kelas XI SMA

Etnolinguistik adalah salah satu studi antropologi yang mempelajari tentang bahasa dan kebudayaan.

GridKids.id - Halo, Kids, kali ini kamu masih akan membahas bersama tentang artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Antropologi Kelas XI SMA.

Di artikel kali ini kamu akan diajak membahas bersama tentang apa itu etno linguistik yang mengkaji keragaman bahasa juga budaya.

Etnolinguistik adalah penggabungan dari pendekatan etnologi (antropologi budaya) dengan pendekatan linguistik atau bahasa.

Etnolinguistik berfokus pada kajian kebudayaan masyarakat berdasarkan bahasa dan penggunaannya dalam keseharian.

Etnologi sendiri merupakan ilmu yang menjelaskan kesamaan dan perbedaan di antara kebudayaan-kebudayaan kelompok etnis di dunia.

Sedangkan, etnologi bahasa sederhananya bisa dipahami sebagai ilmu yang mempelajari bahasa dan kaitannya untuk memahami budaya kelompok etnis.

Etnologi bahasa atau etnolinguistik adalah ilmu yang mengkaji tentang hubungan ragam pemakaian bahasa dengan pola kebudayaan dalam kelompok masyarakat tertentu.

Selain itu, etnolinguistik juga berusaha mencari hubungan antara bahasa, penggunaannya, juga kebudayaannya.

Etnolinguistik sering disebut dengan istilah antropologi lingusitik yang awalnya banyak digunakan oleh antropolog di Eropa.

Kajian antropologi linguistik cenderung fokus tentang bahasa sebagai sumber budaya dan lisan sebagai bentuk kebiasaan dan praktek budaya.

Kajian etnolinguistik ini sering dikaitkan dengan studi linguistik dan sosiolinguistik. Meski sering dikaitkan, ketiganya punya fokus kajian yang berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga: Hubungan Antara Budaya dan Bahasa dalam Konteks Sosial, Antropologi XI SMA