Find Us On Social Media :

Hubungan Antara Budaya dan Bahasa dalam Konteks Sosial, Antropologi XI SMA

Kaitan antara budaya dan bahasa sangat erat, satu sama lain saling memengaruhi dan dipengaruhi. Seperti apa sih gambaran hubungannya, Kids?

GridKids.id - Hai, Kids, masih bersama GridKids untuk membahas bersama tentang artikel dalam materi Antropologi XI SMA.

Pada artikel GridKids sebelumnya kamu telah lebih dulu membahas tentang aneka ragam bahasa daerah yang ada di Indonesia berdasarkan wilayahnya.

Kamu telah sedikit menyinggung sebelumnya tentang kemungkinan perbedaan pemahaman antara bahasa daerah satu dengan bahasa daerah lainnya.

Yap, keragaman bahasa dan penggunaannya dalam keseharian memang bisa membawa perbedaan pemahaman bergantung pada pengetahuan dan penerapannya.

Pengetahuan masyarakat tentang dunia erat sekali dengan konteks sosial juga budaya yang melingkupinya, lo.

Inilah kenapa kamu perlu untuk mengetahui hubungan antara bahasa dan budaya untuk paham seperti apa fenomena atau nilai budaya dalam masyarakat.

Bahasa adalah satu dari tujuh unsur kebudayaan masyarakat.

Kebudayaan menurut Bapak Koentjaraningrat merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, atau karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang diperoleh dari proses belajar.

Budaya memungkinkan seseorang memberikan makna pada tindakan manusia, menjadikan pedoman untuk perilakunya dalam sebuat sistem aturan.

Bahasa digunakan sebagai alat pengembangan budaya, jalur penerus kebudayaan juga inventaris dari ciri-ciri kebudayaan itu sendiri.

Bahasa juga jadi kekayaan yang mencirikan sebuah kebudayaan, menjadi pembeda antara kebudayaan satu dengan kebudayaan lainnya.

Baca Juga: Penerapan Etnologi (Bahasa) dalam Kajian Keberagaman, Antropologi XI SMA