Find Us On Social Media :

5 Teknik Komunikasi Menurut Onong Uchjana, Apa Saja?

Teknik komunikasi cara atau kepandaian seseorang dalam menyampaikan pesan, gagasan pemikiran,atau ide.

GridKids.id - Kids, komunikasi merupakan proses pertukaran informasi, gagasan, atau pesan antara individu atau kelompok melalui berbagai media atau saluran.

Komunikasi adalah unsur penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks pribadi, sosial, bisnis, maupun dalam berbagai bidang lainnya.

Dalam proses komunikasi, pesan tersebut dapat berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa tubuh, gambar, atau media lainnya yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau ide.

Tujuan komunikasi bisa bervariasi, seperti untuk memberi informasi, mempengaruhi sikap atau perilaku, berbagi emosi, membangun hubungan, atau untuk berbagai keperluan lainnya.

Komunikasi yang efektif memerlukan pemahaman yang baik antara pengirim dan penerima pesan, serta penggunaan bahasa dan simbol yang tepat.

Kesalahan atau hambatan dalam komunikasi dapat mengarah pada ketidakpahaman, konflik, atau kesalahpahaman antara individu atau kelompok, sementara komunikasi yang baik dapat memperkuat hubungan dan memajukan tujuan bersama.

Teknik Komunikasi 

Teknik komunikasi mengacu pada metode atau cara yang digunakan untuk mengirim pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain.

Komunikasi merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks pribadi maupun profesional. 

Menurut Onong Uchjana Effendy, berikut enam teknik komunikasi:

1. Teknik Komunikasi informatif

Baca Juga: Bagaimana Cara Manusia Purba Berkomunikasi di Era Prasejarah? #AkuBacaAkuTahu