Find Us On Social Media :

Asal Nama Benua Antarktika serta Julukannya #AkuBacaAkuTahu

Benua Antarktika adalah benua yang mengelilingi Kutub Selatan, enggak berpenghuni, dan hampir seluruhnya tertutup salju.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang Benua Antarktika?

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu asal nama Benua Antarktika serta julukannya.

Benua Antarktika adalah benua yang mengelilingi Kutub Selatan, enggak berpenghuni, dan hampir seluruhnya tertutup salju.

Dikenal sebagai benua terdingin, suhu udara di sana bisa turun hingga di bawah -80 derajat Celsius pada musim dingin, lo.

Antarktika terletak di Kutub Selatan berlawanan dengan Arktik (Kutub Utara). Benua ini melingkupi Kutub Selatan dan dikelilingi oleh Samudra Selatan.

Lebih dari 90 persen permukaan Antarktika tertutup oleh lapisan es yang sangat tebal yang berisi sekitar 60 persen dari seluruh air tawar dunia.

Lapisan es ini mencakup sekitar 14 juta kilometer persegi dan mencapai ketebalan hingga lebih dari 4.000 meter di beberapa tempat.

Lapisan es di Benua Antarktika bergerak, membentuk gletser, dan mengalir menuju pantai.

Proses ini menghasilkan lapisan es mengapung di perairan sekitarnya yang bisa membentuk lembaran es raksasa yang terlepas ke laut sebagai gletser mengambang.

Meskipun kondisi di Antarktika sangat ekstrem, benua ini memiliki kehidupan laut yang beragam di sekitarnya.

Hewan yang hidup di benua ini termasuk penguin, anjing laut, burung petrel, ikan, dan invertebrata laut serta anjing laut, anjing laut Weddell, dan beberapa jenis burung.

Baca Juga: Pulau Jawa Dijuluki Sebagai Jawadwipa, Apa Alasannya? #AkuBacaAkuTahu