Find Us On Social Media :

3 Alasan Indonesia Memiliki Iklim Tropis dan Ciri-cirinya

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang beriklim tropis.

GridKids.id - Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis.

Iklim tropis merupakan iklim yang memiliki suhu tinggi di sepanjang tahun, yang ditandai dengan tak adanya musim dingin.

Kawasan yang beriklim tropis terdapat di belahan bumi utara dan selatan lewat garis isoterm, yang merupakan garis penghubung antartempat dan punya temperatur sama di periode tertentu.

Sementara itu, dilansir dari situs Sciencing, iklim tropis terdiri dari banyak ekosistem, mulai dari kawasan gurun sampai hutan hujan tropis.

Ekosistem ini dibedakan berdasarkan crah hujan di wilayah tersebut. Jadi, misalnya hutan tropis memiliki hujan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gurun.

Lantas, mengapa Indonesia beriklim tropis?

Indonesia memiliki iklim tropis karena terletak di garis khatulistiwa menurut dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Gepfisika (BMKG).

Letak astronomis Indonesia berada di antara 6º LU - 11º LS dan 95º BT - 141º BT.

Iklim tropis di Indonesia ini juga disebabkan karena letak geografis Indonesia yang ada di antara dua benua dan samudra, Kids.

Hal inilah yang mengakibatkan curah hujan di Indonesia tergolong tinggi, sehingga dikategorikan sebagai iklim hujan tropis.

Sedangkan, secara geografis Indonesia dilintasi garis ekuator atau khatulistiwa, yang menyebabkan matahari terus bersinar sepanjang tahun.

Baca Juga: 6 Flora dan Fauna yang Hidup di Bioma Hutan Hujan Tropis, Apa Saja?