Find Us On Social Media :

Bagaiamana Asal Mula Perkembangan Globalisasi? IPS Kelas 3 SMP

(ilustrasi) Awal mula globalisasi berkembang,.

GridKids.id - Kids, kita akan mempelajari tentang bagaimana asal mula perkembangan globalisasi

Globalisasi adalah proses penglobalan atau sebuah proses yang berlangsung meliputi seluruh dunia.

Meluasnya globalisasi didorong oleh perkembangan ekonomi dunia melalui kehadiran perusahaan multinasional atau perusahaan yang melakukan operasinya di lebih dari satu negara.

Kehadiran perusahaan tersebut kemudian memungkinkan terjadinya keterhubungan antar berbagai wilayah tanpa batas negara.

Asal Mula Perkembangan Globalisasi

Kita dapat melihat munculnya globalisasi dari dari dua periode, yaitu periode klasik (awal) dan periode modern (lanjutan).

Periode klasik ditandai dengan terhubungnya pusat-pusat peradaban dunia melalui jalur perdagangan kuno yang meliputi sebagian besar wilayah di dunia.

Sementara periode modern ditandai dengan semakin meluasnya keterhubungan antar wilayah dunia di tengah proses perkembangan industri.

Selain itu, kita dapat melihat proses globalisasi dipicu oleh semakin meluasnya perdagangan antara berbagai wilayah di dunia.

Jejaring keterhubungan wilayah-wilayah di dunia yang sudah berlangsung selama ribuan tahun tersebut kemudian mengalami perkembangan yang signifikan sejak dimulainya masa Revolusi Industri yang memicu perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi.

Istilah globalisasi yang dikenal saat ini merujuk pada proses pengglobalan di periode modern tersebut yang perkembangannya masih terus berlanjut hingga saat ini.

Baca Juga: Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Ciri-cirinya, Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 SMP