Find Us On Social Media :

Kode-Kode Angka Plastik dan Cara Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

(Ilustrasi) Jenis-jenis plastik yang digunakan sehari-hari.

GridKids.id - Kids, dalam kehidupan sehari-hari, kita tak terlepas dari penggunaan plastik, baik dalam bentuk botol kemasan, pembungkus/packaging makanan, kerajinan, peralatan kebutuhan rumah tangga, peralatan otomotif, wadah penyimpanan, dan lainnya.

Plastik adalah bahan sintetis atau polimer yang terbuat dari molekul organik, biasanya berasal dari minyak bumi atau gas alam.

Plastik memiliki berbagai macam penggunaan dalam kehidupan sehari-hari karena kekuatan, keawetan, dan kemudahan pemrosesannya.

Untuk itu penting bagi kita mengenal dan mengetahui jenis-jenis plastik tersebut demi kesehatan kita, sebab tak semua plastik baik untuk kesehatan apalagi jika tak digunakan secara tak tepat.

Jenis-Jenis Plastik dan Berdasarkan Kegunaanya

1. PETE atau PET (Polyethylene terephthalate)

PETE atau PET merupakan jenis plastik yang hanya untuk sekali pakai. 

Jika jenis PETE terlalu sering dipakai, maka akan mengakibatkan lapisan polmer meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang akan memicu penyakit kanker.

Biasanya jenis plastik ini ditandai dengan kode angka 1 dan di tengahnya disertai tulisan PETE atau PET.

Umumya PETE banyak digunakan untuk produk botol plastik, berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol kemasan air mineral, botol minyak  goreng, jus, botol sambal, botol obat, dan botol kosmetik, dan lain-lain.

2. HDPE (High Density Pelyethylene)

Baca Juga: Jenis-Jenis Sampah Plastik yang Dapat Didaur Ulang, Apa Saja?