Find Us On Social Media :

Westernisasi: Pengertian, Dampak Positif dan Dampak Negatif, IPS Kelas 9 SMP

Westernisasi merupakan proses pengambilan unsur budaya barat.

GridKids.id - Kids, kita masih membahas tentang perubahan sosial pada materi IPS kelas 9.

Salah satu penyebab perubahan sosial yang dialami masyarakat adalah terjadinya westernisasi.

Apa itu westernisasi?

Westernisasi adalah proses di mana unsur-unsur budaya, nilai-nilai, tradisi, dan cara hidup Barat (terutama yang berasal dari Eropa dan Amerika Utara) menjadi lebih dominan atau mendominasi budaya dan masyarakat di luar Barat.

Contohnya pengaruh budaya pop Barat, seperti musik, film, mode, teknologi, sistem politik, dan gaya hidup, yang menyebar dan diterima oleh masyarakat di berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia.

Westernisasi dapat terjadi melalui berbagai mekanisme, termasuk globalisasi, media massa, perdagangan internasional, dan perubahan sosial. Hal tersebut dapat memengaruhi cara orang berpakaian, makan, berbicara, beragama, dan mengorganisir masyarakat mereka.

Beberapa orang melihat westernisasi sebagai bentuk kemajuan dan modernisasi, sementara yang lain menganggapnya sebagai ancaman terhadap budaya, nilai-nilai, dan identitas lokal.

Terkadang istilah "westernisasi" digunakan secara kritis untuk menyoroti dominasi budaya Barat dalam situasi di mana budaya asli tertekan atau dianggap kalah nilainya.

Ini adalah topik yang kontroversial dan tergantung pada sudut pandang individu atau kelompok.

Dampak Westernisasi

Di Indonesia westernisasi punya dampak negatif dan positif. 

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Globalisasi dan Westernisasi serta Contohnya