Find Us On Social Media :

Pengertian Antropologi: Menurut Etimologi dan Para Ahli, Antropologi Kelas XI SMA

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia dan kebudayaannya.

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu akan diajak belajar bersama artikel Belajar dari Rumah (BDR) di materi Antropologi kelas 11 SMA.

Sebelum membahas lebih jauh, apakah kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan ilmu antropologi itu?

Secara etimologi atau asal-usul istilahnya, antropologi berasal dua kosa kata bahasa Yunani yaitu anthropos dan logos.

Anthropos adalah manusia, sedangkan logos adalah ilmu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manusia adalah makhluk yang berakal budi dan bisa menguasai makhluk lainnya.

Sedangkan ilmu dalam KBBI berarti pengetahuan tentang sebuah bidang yang disusun sistematis menurut metode tertentu, yang bisa dipergunakan untuk menerangkan gejala tertentu di sebuah bidang tersebut.

Dilihat secara etimologi, antropologi adalah ilmu yang punya metode-metode dalam mempelajari, menjelaskan, atau menerangkan gejala yang terjadi terhadap manusia yaitu sifat manusia yang membedakannya dengan makluk lainnya.

Berdasar spesialisasi keilmuannya, antropologi membuka cakrawala kita tentang cara hidup masyarakat manusia dalam melintasi ruang dan waktu.

Ilmu antropologi lalu mengalami perkembangan dalam mengkaji sifat manusia.

Dalam perkembangannya, antropologi diartikan sebagai ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang manusia secara utuh dengan mempelajari ragam warna kulit (ras), bentuk fisik, identitas masyarakat, juga kebudayaannya.

Secara umum, antropologi merupakan ilmu pengetahuan yang mencoba menelaah sifat-sifat manusia dan menempatkan manusia yang unik di lingkungannya secara bermartabat.

Baca Juga: Mempelajari tentang Manusia, Apa Saja Program Studi Antropologi?