Find Us On Social Media :

5 Karakteristik Masyarakat Indonesia serta Penjelasan dan Manfaatnya

Keragaman karakteristik ialah segala sesuatu yang ada dalam diri seseorang yang membedakan dirinya dengan orang lain.

GridKids.id - Apa saja karakteristik masyarakat Indonesia yang kamu ketahui, Kids?

Nah, Indonesia merupakan negara dengan masyarakat majemuk, ya.

Bersumber dari nasional.kompas.com, masyarakat majemuk adalah keadaan masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan dan kebudayaan yang berbeda-beda, yang melebur dan membentuk suatu kesatuan yang memiliki tujuan dan cita-cita yang sama.

Sementara keragaman karakteristik ialah segala sesuatu yang ada dalam diri seseorang yang membedakan dirinya dengan orang lain.

Setiap individu memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Ini dikarenakan masyarakat Indonesia memiliki latar belakang yang beragam.

Mulai dari suku, ras, agama, etnik, hingga bahasa. Perbedaan latar belakang ini justrau menjadi pemersatu dan membuat Indonesia menjadi negara yang kaya.

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja karakteristik masyarakat Indonesia, yuk, simak informasi di bawah ini!

Karakteristik Masyarakat Indonesia

1. Patriotisme dan Nasionalisme

Rasa cinta tanah air dan nasionalisme adalah karakteristik yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" adalah simbol-simbol yang mendalam di hati setiap warga Indonesia.

Baca Juga: Manfaat Keragaman Karakteristik Masyarakat Indonesia dan Contohnya