Find Us On Social Media :

2 Faktor Penyebab Perubahan Sosial dalam Masyarakat, Materi IPS Kelas 3 SMP

(Ilustrasi) Perubahan sosial merupakan proses transformasi dalam masyarakat yang melibatkan perubahan dalam norma, nilai, hingga struktur sosial

GridKids.id - Perubahan sosial apa yang kalian rasakan saat ini, Kids?

Dalam artikel kali ini kita akan membahas faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyakat, materi IPAS Kelas 3 SMP.

Seiring zaman, perubahan sosial memang akan merubah tata kehidupan masyarakat yang terus menerus karena sifat sosial yang dinamis.

Perubahan sosial pun tak terjadi begitu saja tanpa sebab dan faktor pendorongnya. Bahkan ada beberapa hal yang menjadi faktor terkuat terjadinya perubahan sosial tersebut bisa terjadi.

Penyebab Perubahan Sosial

Masyarakat mengalami perubahan yang diakibatkan oleh faktor internal dan eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor penyebab perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat.

Faktor-faktor tersebut adalah: perkembangan jumlah penduduk, munculnya penemuan baru, dan terjadinya konflik di masyarakat.

a. Perkembangan Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk setiap tahunnya meningkat seiring dengan lebih cepatnya pertumbuhan angka kelahiran dibandingkan angka kematian.

Baca Juga: Contoh-Contoh Perubahan Sosial, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX SMP

Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk di suatu wilayah mengakibatkan terjadinya perubahan sosial

Sebaliknya, terlalu sedikitnya jumlah penduduk di suatu wilayah mengakibatkan tidak tersedianya jumlah tenaga kerja produktif yang memadai sehingga dapat menghambat pertumbuhan.