Find Us On Social Media :

Aktivitas Manusia yang Mengancam Keberlangsungan Bumi, IPAS Kelas 6 SD

Pemanasan global terjadi dipicu oleh aktivitas manusia yang enggak ada hentinya membuat perubahan pada lingkungan hidup di sekitarnya.

GridKids.id - Halo, Kids, kamu masih bersama GridKids untuk membahas bersama artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPAS Kelas 6 SD.

Kali ini kamu masih akan bersama-sama membahas tentang aktivitas manusia yang mengancam planet Bumi.

Bumi adalah rumah dan tempat tinggal kita yang di dalamnya terdapat berbagai elemen, seperti tanah atau daratan, perairan, hingga udara.

Jika salah satunya terganggu maka akan memengaruhi elemen kehidupan lainnya, lo.

Isu pemanasan global atau global warming telah lama dibicarakan dan dibahas dampaknya bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi.

Pemanasan global adalah proses pemanasan yang terjadi pada Bumi karena suhu Bumi yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Peningkatan suhu ini menyebabkan perubahan iklim, seperti ketika terjadi cuaca ekstrem, musim dingin yang jadi lebih pendek, dan makin lamanya musim panas yang memicu kekeringan.

Aktivitas manusia yang kini menggunakan alat transportasi yang untuk bisa beroperasi perlu bahan bakar jadi salah satu penghasil karbon dioksida terbesar, lo.

Karbon dioksida seharusnya bisa diserap oleh pepohonan supaya enggak membahayakan kehidupan di Bumi.

Namun, perilaku manusia yang terus menggunduli hutan untuk memperoleh kayu-kayu secara masih menyebabkan jumlah pohon menurun drastis.

Situasi ini menyebabkan banyak karbon dioksida yang terperangkap di atmosfer Bumi memicu terjadinya fenomena efek rumah kaca.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Bumi Makin Panas dari Hari ke Hari, Apa Saja?