Find Us On Social Media :

Bagaimana Kaitan antara Ketimpangan Distribusi Pendapatan dengan Kemiskinan? Ekonomi XI SMA

Ketimpangan distribusi pendapatan dan tingkat kemiskinan adalah dua aspek penting dalam menilai kesejahteraan ekonomi suatu masyarakat.

GridKids.id - Pada artikel ini kita akan menjawab pertanyaan "Bagaimana kaitan antara ketimpangan distribusi pendapatan dengan kemiskinan?".

Pertanyaan di atas sesuai dengan materi Ekonomi kelas XI SMA ya, Kids.

Ketimpangan distribusi pendapatan dan tingkat kemiskinan adalah dua aspek penting dalam menilai kesejahteraan ekonomi suatu masyarakat.

Ketimpangan distribusi pendapatan mengacu pada perbedaan atau disparitas dalam distribusi pendapatan atau kekayaan di antara individu, rumah tangga, atau kelompok-kelompok dalam suatu populasi.

Hal ini diukur dengan menggunakan indeks seperti rasio gini, di mana nilai 0 mengindikasikan distribusi sempurna (tanpa ketimpangan) dan 1 menunjukkan ketimpangan ekstrem.

Ketimpangan ini memiliki implikasi sosial, ekonomi, dan politik yang signifikan.

Perbedaan yang besar dalam pendapatan bisa menciptakan ketidakstabilan sosial dan politik.

Ketimpangan pendapatan juga bisa menyebabkan kemiskinan yang lebih tinggi di kalangan kelompok dengan pendapatan rendah.

Sementara kemiskinan adalah keadaan di mana individu atau rumah tangga enggak memiliki akses atau enggak mampu memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan.

Kemiskinan diukur dengan pendapatan di bawah garis kemiskinan atau dengan mempertimbangkan multidimensi kemiskinan.

Yuk, simak informasi di bawah ini ya, Kids, untuk mengetahui jawaban ketimpangan distribusi pendapatan dengan kemiskinan!

Baca Juga: 3 Metode untuk Mengukur Ketimpangan Pendapatan, Materi Ekonomi Kelas XI SMA