Find Us On Social Media :

Korosi: Pengertian, Faktor Mempercepat Korosi dan Cara Mencegahnya

Korosi merupakan kerusakan material.

GridKids.id - Kids, dalam materi kali ini kita akan membahas tentang pengertian korosi dan faktor-faktor yang mempercepat korosi.

Korosi adalah proses alami dimana material logam mengalami degradasi akibat reaksi kimia dengan lingkungannya.

Proses ini dapat merusak struktur dan komponen logam, yang pada gilirannya dapat mengganggu fungsi dan keamanan berbagai objek, dari kendaraan hingga bangunan.

Pengertian Korosi

Korosi adalah reaksi kimia yang terjadi pada permukaan logam ketika terpapar dengan lingkungan tertentu.

Proses ini menyebabkan material logam mengalami degradasi, yang dapat berupa pemanjangan, pengikisan, atau perubahan fisik lainnya.

Faktor-faktor yang Mempercepat Korosi

Ternyata ada beberapa faktor yang dapat mempercepat proses korosi, Kids.

Dengan kita mengetahui faktor yang dapat mempercepat korosi, maka kita dapat mencegah dan mengurangi kerusakan material. Berikut adalah faktor-faktor utama yang mempercepat korosi:

1. Kelembaban Tinggi: Lingkungan yang lembap atau basah cenderung mempercepat proses korosi. Air memungkinkan reaksi kimia untuk terjadi lebih cepat pada permukaan logam.

2. Kontak dengan Zat Korosif: Kontak dengan zat-zat seperti asam, garam, atau bahan kimia lain yang bersifat korosif dapat mempercepat korosi.

Baca Juga: 5 Zat yang Menjadi Penyebab Korosi pada Besi, Apa Saja?

3. Perbedaan Potensial Elektrokimia: Ketika terdapat perbedaan potensial elektrokimia pada permukaan logam, terjadi arus listrik yang mempercepat reaksi korosi.

4. Kehilangan Pelapis Protektif: Pelapis atau lapisan perlindungan yang telah rusak atau tergores dapat mempercepat korosi, karena material dasar logam lebih terbuka terhadap faktor lingkungan.