Find Us On Social Media :

E-Commerce: Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan

(Ilustrasi) Transaksi merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli dalam menukar barang atau jasanya.

GridKids.id - Di dalam kehidupan sehari-hari kita tak akan terlepas dalam kegiatan transaksi jual beli. 

Dalam transaksi ada kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Nah, kemajuan teknologi saat ini membuka peluang bisnis baru.

Salah satunya adalah pertumbuhan e-commerce yang paling mendorong kemajuan bisnis digital Indonesia saat ini.

E-commerce sebagai aktivitas atau tempat menjual produk dan membeli produk fisik atau elektronik secara online.

Pengertian E-commerce 

Transaksi e-commerce adalah kegiatan pembelian dan penjualan barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik atau online melalui internet.

Ini melibatkan pertukaran informasi, pembayaran, dan pengiriman produk atau layanan antara penjual dan pembeli tanpa adanya kontak fisik langsung.

Transaksi e-commerce dapat terjadi di berbagai platform dan model bisnis, termasuk:

1. Toko Online

Penjual memiliki platform e-commerce, di mana mereka menawarkan produk atau layanan kepada pembeli.

Baca Juga: Interaksi dan Transaksi Elektronik, Materi Informatika Kelas 7 SMP

Pembeli melakukan pembelian secara online dengan memilih produk, menambahkannya ke keranjang belanja, dan melakukan pembayaran elektronik.

2. Marketplace

Marketplace adalah platform di mana penjual dapat mendaftarkan produk mereka untuk dijual, dan pembeli dapat mencari dan membeli produk dari berbagai penjual yang berbeda.

Contoh marketplace terkenal termasuk Amazon, eBay, dan Alibaba.

3. Aplikasi Mobile

Beberapa transaksi e-commerce terjadi melalui aplikasi mobile, di mana pengguna dapat mengakses dan membeli produk atau layanan menggunakan perangkat seluler mereka.

4. Pembayaran Elektronik

Pembayaran dalam transaksi e-commerce biasanya dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran elektronik, seperti kartu kredit, kartu debit, dompet digital (misalnya, PayPal atau Google Pay), atau transfer bank online.

5. Pengiriman dan Pengiriman

Setelah pembayaran, produk atau layanan biasanya dikirim atau diberikan kepada pembeli.

Proses ini dapat melibatkan perusahaan kurir atau pengiriman, atau dalam beberapa kasus, pengunduhan produk digital.

Baca Juga: Biaya Transaksi PayPal untuk Mengirim hingga Mencairkan Uang

Kelebihan dan Kekurangan Transaksi E-Commerce

Kelebihan Transaksi E-Commerce

1. Kemudahan Akses

Pelanggan dapat mengakses toko online kapan saja, di mana saja, asalkan terhubung ke internet. Sehingga memberi pelanggan fleksibilitas untuk berbelanja sesuai jadwal mereka.

2. Pilihan yang Lebih Banyak

E-commerce memungkinkan pelanggan untuk menelusuri berbagai produk dari berbagai penjual dalam sekejap mata.

Ini membuatnya lebih mudah untuk mencari produk yang diinginkan dan membandingkan harga.

3. Hemat Waktu dan Energi

Dengan berbelanja secara online, pelanggan menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya dibutuhkan untuk pergi ke toko fisik. Mereka juga tidak perlu mengantri di kasir.

4. Kemudahan Perbandingan Harga

Pelanggan dapat dengan mudah membandingkan harga produk dari berbagai penjual. Ini membantu mereka mendapatkan penawaran terbaik.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pelaku Ekonomi dan Perannya, IPAS Kelas 5 SD Tema 8

Kekurangan Transasksi E-Commerce

1. Ketidakmampuan untuk Melihat Produk Secara Langsung

Salah satu kekurangan utama e-commerce adalah bahwa pelanggan tak dapat melihat atau merasakan produk secara langsung sebelum membelinya.

2. Kerentanan terhadap Penipuan

E-commerce rentan terhadap penipuan online. Pelanggan perlu berhati-hati saat berbelanja online dan memastikan bahwa mereka berurusan dengan penjual yang tepercaya.

3. Biaya Pengiriman dan Pengembalian

Meskipun pengiriman dan pengembalian produk dapat nyaman, biayanya dapat menambahkan biaya tambahan bagi pelanggan.

Pengembalian barang juga mungkin memerlukan proses yang rumit.

4. Keterbatasan Sosialisasi

Berbelanja di toko fisik juga dapat menjadi pengalaman sosial yang positif, sementara e-commerce seringkali kurang memungkinkan interaksi sosial.

Nah, itulah pengertian dan kekurangan juga kelebihan transaksi e-commerce.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.