Find Us On Social Media :

4 Ciri-Ciri Kerja Sama yang Baik dan Manfaatnya bagi Kehidupan Bermasyarakat

Istilah kerja sama sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan dilibatkan dalam kegiatan masyarakat.

GridKids.id - Kids, apa saja yang kamu ketahui tentang ciri-ciri kerja sama yang baik?

Istilah kerja sama sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan dilibatkan dalam kegiatan masyarakat.

Pengertian kerja sama menurut Thomson dan Perry dalam kemdikbud.go.id adalah sumber yang sangat efisien untuk kualitas pelayanan dalam hal ini kerja sama dalam ranah ekonomi pada bidang jual beli.

Kerja sama dipahami sebagai kegiatan yang dilakukan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil.

Tujuan kerja sama adalah meningkatkan rasa percaya diri, melatih berpikir kritis dalam penyelesaian masalah, dan menumbuhkan sikap saling memahami antar sesama.

Sementara contoh kerja sama di masyarakat adalah kerja bakti membersihkan lingkungan setempat, musyawarah dalam rapat RT/RW, gotong royong pembuatan jembatan di desa, hingga bakti sosial.

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja ciri-ciri kerja sama yang baik, yuk, simak informasi di bawah ini ya, Kids!

Ciri-Ciri Kerja Sama yang Baik

1. Keterbukaan dan Komunikasi yang Efektif

Kerja sama yang baik membutuhkan keterbukaan dan komunikasi yang efektif. Anggota tim harus bisa berbicara terbuka tentang ide, masalah, dan harapan mereka.

Keterbukaan menciptakan lingkungan di mana orang merasa nyaman berbagi pendapat mereka tanpa takut dihakimi atau diabaikan.

Baca Juga: Pengertian Kerja Sama, Manfaat, dan Contohnya, Materi Kelas 4 SD Tema 5

2. Memiliki Tugas dan Peran yang Jelas

Kerja sama yang baik melibatkan distribusi tugas dan peran yang jelas di antara anggota tim.