Find Us On Social Media :

Apa yang Dimaksud dengan Piramida Penduduk? Ini Penjelasannya

Kepadatan penduduk atau kekurangan penduduk akan sangat memengaruhi pertumbuhan suatu wilayah, baik itu dari segi kesehatan, segi ekonomi, segi pendidikan, segi pendapatan, dan lain-lain

GridKids.id - Apakah Kids pernah mendengar piramida penduduk?

Piramida penduduk berkaitan dengan kependudukan yang dibentuk dalam format piramida. Di dalam piramida, memuat informasi mengenai penduduk.

Dalam piramida penduduk biasanya diagram pria ditampilkan sebelah kiri dan perempuan diagram kanan.

Pengertian Piramida Penduduk

Piramida penduduk adalah sebuah grafik atau diagram yang digunakan untuk menggambarkan distribusi usia dan jenis kelamin dari populasi suatu wilayah atau negara pada suatu waktu tertentu.

Piramida penduduk memberikan gambaran tentang bagaimana jumlah penduduk dalam berbagai kelompok usia dan jenis kelamin tertentu.

Piramida penduduk biasanya terdiri dari dua bagian vertikal yang saling berlawanan, dengan bagian kiri mewakili kelompok usia yang lebih muda (anak-anak dan remaja) dan bagian kanan mewakili kelompok usia yang lebih tua (dewasa dan lansia).

Garis vertikal yang terdapat di tengah piramida ini adalah generasi yang saat itu sedang menjadi generasi tengah yang memisahkan kelompok usia yang lebih muda dan lebih tua.

Tinggi dan bentuk piramida penduduk dapat memberikan wawasan tentang karakteristik populasi suatu wilayah atau negara.

Karakteristik Piramida Penduduk

Piramida penduduk terbagi dari atas beberapa karakteristik:

Baca Juga: 3 Dampak dari Jumlah Penduduk atau Populasi bagi Pendapatan Perkapita, Ekonomi XI SMA