Find Us On Social Media :

Kerja Sama Indonesia dengan Negara-Negara di Dunia: ASEAN dan PBB, IPAS Kelas 6 SD

Setelah merdeka, Indonesia aktif ikut dalam lembaga regional dan internasional seperti ASEAN dan PBB.

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu akan kembali membahas tentang artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPAS Kelas 6 SD.

Di artikel BDR kali ini kamu akan masuk ke pembahasan tentang Kerja Sama Indonesia dengan Negara-Negara di Dunia.

Di artikel sebelumnya kita sudah belajar bersama-sama tentang hubungan kerja sama antarnegara.

Wilayah Nusantara sudah terlibat dalam perkembangan kerja sama dunia sejak ribuan tahun yang lalu.

Semenjak era kerajaan, banyak catatan sejarah yang menyebut jika wilayah nusantara sudah melakukan hubungan kerja sama di bidang perdagangan, politik, hingga budaya, juga keagamaan dengan wilayah lain, seperti Tiongkok dan India.

Indonesia sudah sejak lama terlibat dalam pergaulan dunia dan sampai sekarang masih terus berlanjut sampai Indonesia sudah merdeka.

Lewat politik luar negeri yang bebas aktif, Indonesia sudah ikut berpartisipasi dalam sistem ekonomi dan percaturan politik dunia.

Sebagai negara yang beradab, Indonesia menjalin hubungan luar negeri dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persahabatan, saling menghormati, enggak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, dan menolak menggunakan segala bentuk tindak kekerasan.

Indonesia sudah turut berperan dalam kerja sama dunia, dengan mendirikan lembaga internasional ASEAN.

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations menjadi sarana dalam mewujudkan kepentingan bersama bagi perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Indonesia juga berperan aktif di lembaga dunia yaitu United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga: 6 Kerja Sama ASEAN di Bidang Teknologi dan Manfaatnya Bagi Indonesia