Find Us On Social Media :

Peradaban Belanda: Cikal Bakal Pembangunan Teknologi Bendungan

Belanda dikenal sebagai negara yang punya banyak bendungan. Seperti apa cikal bakalnya?

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu akan kembali diajak melihat bersama tentang negara Belanda, Kids.

Di artikel sebelumnya kamu sudah melihat seperti apa kerajaan Belanda di bawah jajahan Prancis dan pendudukan Jerman era PD II.

Kali ini kamu akan diajak belajar bersama tentang seperti apa Belanda sebagai negeri pembendung lautan.

Berdasar dari buku Peradaban Belanda karya Edi Suwasono kamu akan diajak melihat uraian menarik tentang Belanda sebagai negeri dengan banyak bendungan.

Cikal bakal pertahanan wilayah yang rendah terhadap laut dimulai di bagian timur laut, tepatnya di area bukit pasir berawa yang dikenal dengan friesland.

Penduduk friesland punya mata pencaharian sebagai peternak dan nelayan di pesisir berbagai danau yang ada di daerah pedalaman tersebut.

Warga yang terencam oleh laut yang sewaktu-waktu bisa menyapu daerah pantai yang enggak terlindung, membangun bukit raksasa buatan dari tanah yang dikenal dengan istilah terpen.

Di terpen ini orang dan hewan ternak berlindung terhadap pasang yang tinggi dan bencana banjir.

Beberapa bukit buatan ini dihubungkan dengan tembok-tembok untuk perlindungan tambahan, sehingga terbentuk sebuah tanggul.

Selama bertahun-tahun, tanggul-tanggul itu berubah dari tembol laut sederhana jadi sistem penghalang yang kompleks dengan pintu gerbang yang bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan tekanan air laut terhadap tanggul-tanggul itu.

Seiring bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan lahan tempat tinggal juga makin meningkat.

Baca Juga: Awal Mula Terbentuknya Belanda: Negeri Kincir Angin Jajahan Spanyol