Find Us On Social Media :

Sambutan Terhadap Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri, Sejarah XI SMA

Kabar proklamasi kemerdekaan tak hanya membahagiakan bagi orang Indonesia di dalam negeri, tapi juga mengundang dukungan dan simpati dari luar negeri.

GridKids.id - Halo, Kids, kali ini kamu kembali akan membahas materi Belajar dari Rumah (BDR) materi Sejarah Kelas XI SMA bersama GridKids, nih.

Di artikel sebelumnya kamu sudah membahas tentang sambutan terhadap berita proklamasi dari dalam negeri.

Masih berdasarkan paparan dari buku materi Sejarah untuk SMA/SMK Kelas XI, tak hanya disambut di dalam negeri saja, kemerdekaan Indonesia juga jadi kabar bahagia untuk diaspora Indonesia di luar negeri, Kids.

Diaspora merupakan beberapa orang keturunan Indonesia yang berada di luar negeri, Kids.

Jadi, kemerdekaan Indonesia tak hanya jadi kabar bahagia untuk orang Indonesia yang ada di Indonesia, tapi juga untuk orang Indonesia yang ada di luar negeri.

Salah satu contohnya beberapa orang Indonesia yang ada di Mesir, Kids.

Ketika mereka mendengar berita tentang proklamasi kemerdekaan Bangsanya lewat radio pada 18 Agustus 1945, menyambut gembira kabar bahagia itu.

Tak hanya berhenti pada orang Indonesia yang ada di sana, orang-orang Mesir juga turut menyambut kabar kemerdekaan Indonesia itu, lo.

Banyak yang mengulas dan menuliskan berita yang penuh simpati dan menyebarkannya melalui media massa di sana.

Tak heran, Mesir juga menjadi salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia segera setelah kabar itu sampai ke telinga mereka.

Indonesia yang meraih kemerdekaannya dengan perjuangan panjang mendapat sambutan hangat tak hanya dari dalam negeri tapi juga dari negara luar yang turut bersimpati.

Baca Juga: Persebaran Kabar tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Sejarah XI SMA