Find Us On Social Media :

Kenapa Manusia Purba Memilih Hidup Secara Nomaden? #AkuBacaAkuTahu

Manusia purba hidup berpindah-pindah di era berburu dan mengumpulkan makanan karena belum punya pengetahuan dan keahlian untuk mengolah dan memproduksi makanan sendiri.

GridKids.id - Manusia purba atau nenek moyang manusia dulunya adalah kelompok orang yang hidup dengan berpindah-pindah, lo.

Pola hidup berpindah-pindah ini dikenal dengan istilah nomaden.

Pola hidup nomaden adalah ciri utama manusia yang hidup pada era Paleolitikum atau zaman Batu Tua.

Ketika itu manusia purba era Paleolitikum akan hidup dalam kelompok dan terus berkelana untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam kurun waktu tertentu.

Lalu, apa sih yang membuat manusia purba memilih untuk hidup seperti itu?

Dilansir dari laman kompas.com, ternyata pola hidup nomaden ini dipilih untuk menyesuaikan cara hidup manusia purba kala itu, Kids.

Dulunya sebelum menetap dan bisa memproduksi makanan sendiri, manusia purba masih berburu dan belajar meramu secara sederhana.

Kondisi ini yang membuat para manusia purba akan terus mencari sumber makanan untuk bertahan hidup di lokasi itu.

Nah, jika makanan sudah mulai sulit diperoleh, saat itu juga mereka akan mulai melakukan migrasi atau perpindahan ke daerah atau kawasan lainnya.

Kemampuan dan teknologi yang masih sangat terbatas membuat manusia purba pada zamannya sangat bergantung pada kondisi alam tempatnya tinggal.

Kala itu mereka belum mengembangkan pengetahuan untuk mengolah lahan dan tanah untuk menumbuhkan dan memproduksi makanan.

Baca Juga: Benarkah Manusia Purba Lebih Sedikit Tidur Tapi Lebih Sehat? #AkuBacaAkuTahu