Find Us On Social Media :

Jangan Anggap Sepele, Ini 9 Gejala Flu Singapura yang Menyerang Anak-Anak

Ilustrasi anak terkena flu singapura

GridKids.id - Dalam beberapa waktu terakhir ini, penyakit flu singapura sedang banyak menyerang anak di sejumlah daerah di Indonesia.

Flu Singapura merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang menular.

Gangguan ini disebut juga dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut (HMFD).

Flu Singapura adalah sebutan umum untuk penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus flu tipe A H1N1, yang pertama kali terjadi di Singapura pada tahun 1950.

Virus ini menyebabkan gejala mirip dengan flu biasa, seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan mungkin juga gejala lain seperti sakit kepala dan nyeri otot.

Penting untuk dicatat bahwa virus flu tipe A H1N1 telah mengalami mutasi dan penyebaran sejak pertama kali muncul pada tahun 1950.

Pada tahun 2009, terjadi pandemi flu H1N1 yang dikenal sebagai "flu babi" atau "flu A H1N1", yang secara global menyebar dan memicu respons kesehatan dunia yang serius.

Sejak saat itu, virus ini menjadi salah satu komponen rutin dalam vaksin flu tahunan dan telah menjadi bagian dari flu musiman yang kita kenal sekarang.

Penting untuk menjaga kebersihan pribadi, mencuci tangan dengan baik, menghindari kontak dengan orang yang sakit flu, dan mendapatkan vaksinasi flu tahunan untuk melindungi diri dari berbagai jenis virus flu, termasuk H1N1.

Penyebab Flu Singapura

Flu Singapura bisa terjadi karena ada disebabkan infeksi Coxsackievirus A16 dan Coxsackievirus A6, yaitu jenis virus yang termasuk kelompok Enterovirus.

Baca Juga: Orang Tua Harus Waspada, Ini 4 Komplikasi Akibat Flu Singapura yang Rentan Menyerang Anak-Anak