Find Us On Social Media :

Autobiografi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, hingga Strukturnya

Cara membedakan biografi dan autobiografi.

GridKids.id - Bila biografi menceritakan kisah seseorang atau tokoh tentang kehidupanya, berbeda dengan autobiografi yang menuliskan narasi tentang kisah kehidupan diri sendiri.

Auotobiografi menuliskan cerita seperti pengalaman, peristiwa, pencapaian, tantangan, dan refleksi dari perspektif individu yang menulis.

Autobiografi biasanya mencakup berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk masa kecil, pendidikan, karier, hubungan, dan pengalaman hidup lainnya.

Dalam autobiografi, penulis memiliki kebebasan untuk berbagi pandangan pribadi, emosi, dan pemahaman mereka tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup mereka.

Autobiografi dapat memberikan wawasan mendalam tentang kepribadian penulis, latar belakang budaya, nilai-nilai yang mereka anut, serta bagaimana mereka merespons dan bertahan menghadapi berbagai situasi.

Bentuk tulisan ini bisa menjadi sarana untuk berbagi inspirasi, pelajaran hidup, dan memori dengan pembaca.

Autobiografi sering kali merupakan sumber informasi berharga untuk sejarah pribadi seseorang atau bahkan era tertentu, karena penulis mencatat peristiwa-peristiwa sejarah yang mereka alami secara pribadi.

Tujuan Autobiografi

Setelah mengetahui pengertian dari autobiografi, yuk, kita simak tujuan dari penulisan autobiografi sebagai berikut:

1. Tujuan yang pertama adalah mengenalkan diri sendiri dengan lebih mendetail kepada orang lain.

Dalam hal ini pembaca bisa mengetahui informasi mendasar dari penulisnya.

Baca Juga: Penjelasan dan Pengertian Teks Biografi, Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD