Find Us On Social Media :

Benarkah Nenek Moyang Gajah Tak Bertubuh Sebesar yang Kita Tahu? #AkuBacaAkuTahu

Mammoth adalah salah satu nenek moyang gajah yang hidup di era iklim bumi sangat dingin sehingga tubuhnya ditumbuhi bulu yang tebal.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu seperti apakah nenek moyang gajah modern itu?

Sama seperti hewan-hewan purba di muka bumi lainnya, gajah melalui proses evolusi kehidupan yang panjang selama puluhan juta tahun lamanya.

Sebagai salah satu hewan terbesar yang hidup di muka Bumi, gajah juga merupakan salah satu hewan yang telah melalui era evolusi yang sangat panjang, lo, Kids.

Gajah yang kita kenal hari ini berwarna abu-abu dengan kulit yang cukup tebal terutama di bagian kakinya.

Namun, ternyata nenek moyang gajah yang melalui cuaca ekstrem puluhan juta tahun yang lalu memiliki bulu yang sangat tebal di tubuhnya, lo.

Ketika iklim ekstrem merubah wajah bumi, banyak hewan yang turut berubah secara dramatis karena kehilangan habitat hingga harus menyesuaikan dengan hilangnya banyak persediaan makanan.

Bersumber dari laman kompas.com, gajah menjadi satu-satunya spesies yang tersisa dari famili Elephantidae yang masuk ke ordo Proboscidea kuno.

Lalu, seperti apakah nenek moyang gajah itu? Apa yang membedakannya dengan gajah modern yang kita kenal saat ini?

Nenek Moyang Gajah dan Kepunahannya

Proboscidea adalah beragam hewan herbivora yang tersebar luas ke seluruh dunia dari asalnya di Afrika.

Persebarannya terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu dengan tampilan spesies yang berbeda dengan yang kita kenali hari ini, Kids.

Baca Juga: Besar dan Tangguh, Apa Penyebab Mammoth Punah dari Muka Bumi? #AkuBacaAkuTahu