Find Us On Social Media :

Bintang Biru Lebih Panas daripada Bintang Merah, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Bintang warna biru di alam semesta punya temperatur yang lebih tinggi daripada bintang warna merah. Kenapa bisa begitu?

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa warna bintang menunjukkan suhunya?

Uniknya warna bintang di alam semesta mungkin di angkasa luar punya teori yang berbanding terbalik dengan logika manusia ketika bicara tentang warna.

Merah sering dianggap sebagai gambaran suhu tinggi atau panas, sedangkan biru dilihat sebagai warna dengan suhu rendah atau dingin.

Namun, jika bicara tentang bintang di alam semesta yang terjadi adalah sebaliknya, Kids.

Bintang biru punya suhu yang lebih tinggi daripada bintang merah, lo. Kenapa begitu, ya?

Sebenarnya temperatur dan warna seperti yang kita temukan pada bintang juga kita temukan pada cara kerja api kompor yang digunakan untuk memasak setiap harinya.

Menurut laman infoastronomy.org, bintang sebagai bola gas raksasa yang sangat panas, berbentuk plasma saking panasnya, Kids.

Bintang menjadi sangat panas melalui proses fusi nuklir sehingga menjaga bintang tetap bisa berpijar meski enggak ada oksigen di ruang angkasa yang hampa udara.

Proses fusi nuklir yang terjadi pada bintang dihasilkan dari perubahan gas hidrogen menjadi helium.

Seperti Matahari yang jadi pusat tata surya kita, reaksi fusi nuklir di inti bintang membuat bintang bisa mengeluarkan energi yang hangatnya bisa kita rasakan setiap hari di Bumi.

Reaksi fusi nuklir ini membuat suhu di inti bintang menjadi sangat tinggi atau sangat panas, misalnya matahari kita yang intinya punya suhu setinggi 15 juta derajat Celcius.

Baca Juga: 7 Warna Bintang di Alam Semesta, Pijarnya dari Biru Hingga Merah