Find Us On Social Media :

Penjelasan Fenomena Sosial: Mulai dari Pengertian hingga Macam-macamnya

Fenomena sosial mencakup perilaku, sikap, tindakan, dan peristiwa, dan lainnya

GridKids.id - Kids, seiring perkembangan zaman kehidupan, masyarakat pasti akan mengalami fenomena sosial.

Pengaruh fenomena sosial terhadap masyarakat juga memiliki sifat positif dan negatif.

Untuk mengetahui lebih jauh fenomena sosial, yuk, simak penjelasannya!

Pengertian Fenomena Sosial

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fenomena adalah hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah (seperti fenomena alam).

Fenomena sosial merujuk pada peristiwa atau situasi yang terjadi dalam masyarakat dan memiliki dampak atau implikasi yang signifikan terhadap individu, kelompok, atau masyarakat secara keseluruhan.

Fenomena sosial dapat melibatkan berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk budaya, politik, ekonomi, agama, dan hubungan antarindividu.

Contoh fenomena sosial termasuk perubahan budaya dalam masyarakat akibat globalisasi, pergeseran norma dan nilai dalam masyarakat yang mengarah pada perubahan perilaku, perjuangan kelompok masyarakat tertentu untuk mendapatkan hak-hak yang lebih adil, serta perkembangan teknologi dan dampaknya terhadap cara berkomunikasi dan berinteraksi.

Fenomena sosial sering kali dikaji oleh ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, ilmu politik, dan ekonomi, karena melibatkan analisis terhadap pola-pola interaksi sosial, struktur masyarakat, serta perubahan yang terjadi di dalamnya.

Macam-Macam Fenomena Sosial

Berikut penjelasan tentang macam-macam fenomena sosial yang perlu kamu ketahui:

Baca Juga: Sama-sama Fenomena Sosial, Ini Perbedaan Modernisasi dan Globalisasi