Find Us On Social Media :

Kongres Pemuda dan Lahirnya Sumpah Pemuda 1928, Sejarah XI SMA

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah yang membentuk kesadaran nasionalisme bangsa Indonesia.

GridKids.id - Hai, Kids, kembali lagi di artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Sejarah kelas XI SMA.

Di artikel BDR Sejarah XI SMA sebelumnya kamu sudah belajar bersama tentang Perang Dunia I (1914-1918).

Pada artikel yang sama kamu juga sudah belajar bersama tentang faktor-faktor pemicu hingga dampak yang ditimbulkan oleh konflik internasional ini.

Nah, Kids, kali ini kamu akan diajak melanjutkan pembahasan kita dengan pergerakan nasional yang dimulai dari terlaksananya kongres pemuda dan kongres perempuan, nih.

Pelaksanaan kongres adalah dampak dari mulai munculnya kesadaran nasionalisme hingga kebangsaan.

Perasaan nasionalisme mengingatkan tiap elemen bangsa bahwa mereka adalah satu kesatuan dengan kesamaan sejarah dan nasib.

Ketika situasi enggak juga membaik dan menimbulkan ketimpangan sosial yang makin kentara, lahirlah kesadaran untuk memperbaiki nasib dan menjunjung kesetaraan sosial.

Kali ini kamu akan lebih dulu diajak membahas tentang pelaksaan Kongres Pemuda yang melahirkan momentum bersejarah Sumpah Pemuda di 28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda

Pada Kongres Pemuda I di 30 April-2 Mei 1926, mulai ada gagasan penggunaan bahasa Indonesia dalam pertemuan resmi di Indonesia.

Dalam kongres tersebut hadir pula perwakilan organisasi-organisasi pemuda seperti Tri Koro Darmo, Jong Sumatra, Jong Java, Jong Minahasa, Jong Islameten Bond, Jong Celebes, Perkumpulan Pemuda Betawi.

Baca Juga: 3 Tahapan Rapat pada Momentum Deklarasi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928