Find Us On Social Media :

13 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cagar Alam Pertama di Indonesia

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah kawasan konservasi ekosistem serta flora dan fauna.

GridKids.id - Apakah kamu pernah berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kids?

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di Provinsi Jawa Barat tepatnya berada di kawasan Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Taman nasional ini juga termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Memiliki luas 24.270,80 hektar, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah kawasan konservasi ekosistem serta flora dan fauna.

Meski berada di wilayah pegunungan, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango enggak hanya berfungsi untuk taman nasional atau pendakian, tetapi juga destinasi wisata, lo.

Taman nasional ini juga menjadi tujuan wisata populer bagi para pecinta alam dan pendaki gunung.

Tahukah kamu? Taman Nasional Gunung Gede Pangrango termasuk taman nasional tertua yang ada di Indonesia.

Kawasan taman nasional ini memiliki kondisi topografi berupa pegunungan dengan ketinggian 1.000 sampai 3.019 meter di atas permukaan laut. Jenis batuan di kawasan taman nasional ini adalah breksi tupan, breksi vulkani, basalt lava, andesit, dan piroklasik.

Secara nasional, kawasan konservasi di kompleks Gunung Gede Pangrango mempunyai arti penting dalam sejarah konservasi dan penelitian botani.

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja fakta menarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, simak informasi di bawah ini.

Baca Juga: 15 Fakta Menarik Taman Nasional Wakatobi, Gugusan Terumbu Karang Terpanjang di Dunia

Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango