Find Us On Social Media :

10 Arti Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi Bangsa Indonesia dan Dunia

Kemerdekaan bangsa Indonesia ditandai dengan pembacaan proklamasi.

GridKids.id - Pada 17 Agustus 1945 silam, Presiden Soekarno dan didampingi oleh Mohammad Hatta membacakan naskah proklamasi.

Nah, pada hari ini Kamis, 17 Agustus 2023 seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-78.

Tahukah kamu? Kemerdekaan bangsa Indonesia ditandai dengan pembacaan proklamasi, lo.

Ini dikarenakan, dengan dibacakannya proklamasi maka Indonesia menyatakan bahwa telah bebas dari belenggu penjajahan.

Kabar gembira ini disiarkan melalui berbagai media, seperti media cetak, radio, dan utusan daerah.

Bersumber dari kompas.com, proklamasi bisa diartikan bahwa Indonesia menjadi negara yang menentang adanya penjajahan atau kolonialisme atas bangsa lain di seluruh dunia.

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah pernyataan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang ditandai dan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta.

Sementara tujuan proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah menentang penjajah, meningkatkan pendidikan dan kecerdasan, hingga mengejar ketertinggalan dari bangsa lain.

Pada artikel kali ini GridKids akan mencari tahu arti proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia dan dunia luar, simak informasi di bawah ini, ya.

Arti Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi Bangsa Indonesia

1. Bangsa Indonesia akan menyusun negara sendiri dengan aturan sendiri sehingga telah berdiri negara baru yaitu negara Indonesia.

Baca Juga: 5 Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pembukaan UUD 1945 Alinea 1-4