Find Us On Social Media :

Teks Prosedur Protokol: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Karakteristik, Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Langkah-langkah teks prosedur ptokol

GridKids.id - Teks prosedur protokol merupakan salah satu jenis dari teks prosedur.

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah-langkahnya tak perlu berurutan dan dapat dilakukan secara acak atau bolak-balik, tapi tujuannya tetap tercapai.

Teks prosedur protokol juga berisi teks naratif yang dilakukan secara mekanisme dan tujuannya untuk membuat sesuatu hal dengan langkah-langkah yang tepat.

Maka dari itu, teks prosedur jenis ini memberikan runtutan sistematis yang berurutan sehingga mendapat tujuan yang diinginkan.

Teks prosedur protokol biasanya digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam dunia medis, teknologi, ilmiah, dan bisnis, untuk memastikan bahwa suatu tindakan dijalankan dengan benar dan efisien.

Contoh-contoh teks prosedur protokol meliputi instruksi penggunaan perangkat medis, langkah-langkah menginstal perangkat lunak, metode eksperimen dalam penelitian ilmiah, atau panduan untuk melaksanakan tugas tertentu dalam suatu organisasi.

Ciri-ciri Teks Prosedur Protokol

Ada beberapa ciri-ciri dalam teks prosedur protokol. Berikut penjelasannya:

Selain pengertian dan ciri-ciri teks prosedur protokol umumnya memiliki beberapa karakteristik penting:

1. Langkah-langkah Terperinci

Baca Juga: Contoh-Contoh Teks Prosedur Sederhana,Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Teks ini harus menjelaskan setiap langkah dengan jelas dan terperinci agar pembaca dapat mengikuti instruksi tanpa kesulitan.