Find Us On Social Media :

Dinamika Hubungan Saudagar dan Penguasa Lokal di Nusantara, Sejarah XI SMA

Kedatangan bangsa Barat ke Nusantara kadang dinarasikan sebagai sebuah awal baru dari modernitas ekonomi nusantara. Padahal jauh sebelum itu, banyak kerajaan dan saudagar lokal yang telah paham betul aktivitas ekonomi efektif itu yang seperti apa.

GridKids.id - Kids, setelah membahas tentang kedatangan dan interaksi awal penduduk nusantara dengan Bangsa Barat, kamu akan melanjutkan pembahasan selanjutnya, nih.

Di artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu akan belajar bersama tentang Perlawanan bangsa Indonesia terhadap Kolonialisme.

Tentunya ketika bicara tentang masuknya kekuatan atau pengaruh baru di Nusantara, akan ada pertemuan dengan kekuasaan atau hegemoni yang telah ada sebelumnya.

Sebenarnya perdagangan lintas benua sudah ada dan berkembang jauh sebelum bangsa Eropa menjejakkan kaki di daratan Asia.

Namun, narasi sejarah dalam catatan bangsa Eropa seolah-olah kota itu muncul setelah bangsa Barat menginjakkan kakinya di sana.

Faktanya jauh sebelum bangsa Eropa datang dan mulai berusaha masuk dan mendominasi, banyak penguasa atau saudagar lokal di nusantara yang kekayaan dan kekuasaannya sangat besar untuk bisa menyaingi upaya dominasi bangsa Barat.

Nusantara memiliki posisi geografis strategis karena ada di dalam jalur perdagangan internasional antara India dan Cina.

Posisi strategis inilah yang dimanfaatkan oleh para saudagar dan penguasa lokal untuk ikut andil dalam jalannya perdagangan internasional di sana.

Selat Malaka merupakan salah satu pintu gerbang antar wilayah yang perannya sangat penting untuk pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar Samudera Hindia juga Teluk Persia.

Tak hanya itu Selat Malaka juga menghubungkan Arab dan India yang ada di sebelah Barat Laut Nusantara, juga Cina di sebelah timur.

Rute pelayaran yang ramai sejak abad 2 M melahirkan kota-kota pelabuhan penting di sekitar Selat Malaka, seperti Malaka, Samudera Pasai, Sumatera Timur, Jambi, Banten, Lasem, Tuban, Gresik, Makassar, dan lainnya.

Baca Juga: Peristiwa Penting Imperialisme dan Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia