Find Us On Social Media :

3 Jenis Alat Musik: Melodis, Ritmis, dan Harmonis Berdasarkan Fungsinya

Alat musik terbagi menjadi tiga yaitu harmonis, ritmis, dan melodis.

GridKids.id - Tahukah kamu, bermain alat musik merupakan hobi yang baik dan bisa membuat kita jadi semakin produktif.

Alat musik adalah perangkat apa pun yang bisa menghasilkan suara musik

Beberapa jenis musik diantaranya yaitu, perkusi, angin, senar, elektronik, dan keyboard.Alat musik memiliki fungsi, karakter, dan bunyi yang khas dan menghasilkan warna yang berbeda.Jika berdasarkan fungsi, alat musik terbagi menjadi tiga yaitu harmonis, ritmis, dan melodis.

Berikut adalah fungsi ketiga jenis alat musik yang harus kamu ketahui!

Jenis-jenis Alat Musik

1. Alat Musik MelodisAlat musik jenis melodis berperan untuk menciptakan sebuah melodi dalam lagu.

Ada berbagai jenis alat musik yang menghasilkan melodi dan caranya pun beragam seperti ditiup, ditekan, digesek, dan lainnya.

Contoh alat musik yang memiliki fungsi melodis yaitu keyboard, pianika, harmonika, biola, saksofon, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Alat Musik Tradisional yang Erat dengan Berbagai Ritual di Dunia

2. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis memiliki fungsi untuk mengiringi tempo dalam sebuah lagu.Ada berbagai jenis alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan ritme serta cara memainkannya pun beragam.Contohnya seperti tamborin, gendang, drum, ketipung dan jenis lainnya.3. Alat Musik HarmonisAlat musik harmonis memiliki fungsi untuk menciptakan harmoni dalam sebuah lagu.Ada berbagai jenis alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan harmoni dan cara memainkannya pun beragam.

Contohnya seperti alat musik keyboard, gitar, piano, harpa, dan masih banyak lagi.Nah, perbedaan utama dari ketiga jenis alat musik ini berada pada fungsinya, Kids.Alat musik melodis hanya bisa memainkan salah satu nadanya saja.Sedangkan alat musik harmonis bisa dimainkan secara bersamaan dan nadanya muncul bersamaan saat kita mainkan.