Find Us On Social Media :

Peringatan Hari Kidal Sedunia 13 Agustus: 5 Anggapan Ilmiah tentang Orang Kidal

13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal Sedunia sejak 1976.

GridKids.id - Pada 13 Agustus hari ini diperingati sebagai Hari Kidal Sedunia (International Lefthander's Day).

Peringatan Hari Kidal Sedunia ini merupakan bentuk hari khusus yang didedikasikan untuk orang yang menggunakan tangan kiri atau kidal dalam keseharian.

Peringatan Hari Kidal Sedunia juga jadi salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat umum bahwa orang kidal juga sama dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan pada umumnya.

Bersumber dari laman kompas.com, peringatan Hari Kidal Sedunia pertama kali diprakarsai oleh Dean R. Campbell pada 1976 silam.

Hari Kidal Sedunia ini menjadi momentum untuk menghilangkan stigma negatif yang kerap disematkan pada orang-orang kidal. 

Sejarah pernah mencatat bahwa pada abad-17 orang Kidal pernah dianggap berkaitan dengan Iblis atau kesesatan.

Bersumber dari laman hellosehat.com, ada sekitar 10% total populasi dunia adalah orang kidal.

Hingga kini orang kidal sebagai minoritas sering merasa kesulitan juga dalam menjalani aktivitas sehari-hari di mana lebih banyak orang menggunakan tangan kanannya.

Nah, momentum peringatan Hari Kidal Sedunia ini juga menjadi salah satu pengingat agar semakin dikembangkan berbagai fasilitas dan pelayanan umum untuk orang kidal.

Kamu perlu tahu bahwa otak dan tubuh orang kidal bekerja dengan cara yang berbeda dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan atau kelompok orang ambidextrous.

Orang ambidextrous adalah orang yang bisa menggunakan kedua tangannya untuk beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Memiliki 10% Populasi di Dunia, Benarkah Orang Kidal Lebih Cerdas? #AkuBacaAkuTahu