Find Us On Social Media :

Pramuka: Pengertian, Tujuan dan Bunyi Tri Satya dan Dasa Darma

Hari Pramuka selalu diperingati pada setiap 14 Agustus

GridKids.id - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. 

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Tahun ini Gerakan Pramuka mengusung tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional".

Nah, jelang memperingati Hari Pramuka kita akan membahas tentang organisasi pramuka, mulai dari pengertian, tujuan, hingga bunyi Tri Satya dan Dasa Darma 

Pengertian Pramuka

Pramuka merupakan gerakan kepanduan yang memiliki tujuan untuk membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan anak muda melalui pendidikan nonformal yang berlandaskan pada nilai-nilai kepanduan dan kepramukaan.

Tujuan Pramuka

Pramuka bertujuan untuk membantu pemuda dan remaja mengembangkan potensi diri secara holistik, baik secara fisik, intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Organisasi Pramuka juga bertujuan untuk mengajarkan kecintaan terhadap alam, kemandirian, kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan negara.

Pramuka memiliki sistem pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan melalui berbagai kegiatan seperti berkemah, belajar survival, keterampilan bertahan hidup, latihan kepemimpinan, pelayanan sosial, dan aktivitas-aktivitas lain yang mendukung perkembangan pribadi. Pramuka juga mengajarkan nilai-nilai seperti persatuan, gotong royong, rasa sosial, dan toleransi.

Gerakan Pramuka dikenal di berbagai negara dan memiliki cabang-cabang atau organisasi serupa di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Peran Pramuka dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia, Apa Saja?