Find Us On Social Media :

15 Fakta Menarik Taman Nasional Kayan Mentarang yang Berperan Penting dalam Heart of Borneo

(Ilustrasi) Taman Nasional Kayan Mentarang adalah taman nasional terluas di Kalimantan.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kita telah membahas tentang Taman Nasional Danau Sentarum yang berada di Kalimantan Barat.

Kali ini GridKids akan mencari tahu fakta menarik Taman Nasional Kayan Mentarang yang juga berada di Pulau Kalimantan, ya.

Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan taman nasional di Indonesia yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Utara.

Menariknya taman nasional ini juga berbatasan langsung dengan Sabah dan Sarawak, Malaysia.

Nah, diketahui bahwa Taman Nasional Kayan Mentarang berada di dua kabupaten, yakni Malinau dan Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Dibanding dengan taman nasional di Sumatra dan Jawa, taman nasional ini kurang dikenal karena berada jauh di pedalaman Kalimantan, Kids.

Atas rekomendasi WWF, kawasan ini berubah status menjadi taman nasional pada 7 Oktober 1996 yang sebelumnya merupakan cagar alam.

Tahukah kamu? Taman Nasional Kayan Mentarang ini juga menjadi taman nasional pertama di Indonesia yang dikelola secara kolaboratif.

Artinya, bahwa taman nasional ini dikelola dengan melibatkan pemerintah, pihak swasta, organisasi konservasi, serta masyarakat adat setempat.

Pedalaman Kalimantan terkenal akan kekayaan alam yang dimilikinya, sehingga Taman Nasional Kayan Mentarang ini menjadi surga bagi berbagai jenis flora dan fauna.

Untuk mengetahui apa saja fakta-fakta menarik Taman Nasional Kayan Mentarang, yuk, simak informasi di bawah ini!

Baca Juga: 15 Fakta Menarik Taman Nasional Danau Sentarum yang Didominasi Danau dan Rawa