Find Us On Social Media :

Big Data: Pengertian, Jenis-Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya di Berbagai Bidang

Big Data adalah salah satu jenis data yang sangat besar sehingga perlu diolah dan dianalisis sebelum dipergunakan.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar istilah Big Data?

Bersumber dari laman data.lan.go.id, Big Data adalah data yang ukurannya sangat besar, cepat, dan kompleks sehingga enggak mungkin diproses secara tradisional atau manual.

Perkembangan Big Data yang makin pesat saat ini didorong oleh makin berkembangnya teknologi yang menghasilkan lebih banyak lagi data.

Nah, data-data tadi dikelompokkan jadi beberapa kategori yaitu structured, semi structured, dan unstructured.

Structured data merupakan data yang tertulis dengan format spesifik dan terorganisir sehingga mudah dikelola dan dianalisa.

Data yang sangat besar ini akan tersimpan dalam sebuah format tetap dalam satu platform, dalam bentuk spreadsheet dan disimpan oleh platform penyimpanan seperti Microsoft Excel.

Unstructure data adalah data dalam bentuk yang enggak dikenal dan perlu proses lebih lanjut untuk diolah dan dianalisis untuk memeroleh nilai.

Sedangkan semi structured data adalah data yang enggak sekompleks unstructured data, data ini bisa diolah dan dianalisis dengan bantuan tagging metadata yang bisa menangkap informasi berguna dan terkait dengan tag-nya.

Istilah Big Data sangat lumrah di bidang pemasaran, teknologi, hingga riset ilmiah.

Big Data biasanya dihimpun oleh organisasi atau lembaga tertentu yang umumnya akan dipakai dan diolah dalam sebuah program aplikasi.

Bagaimana Cara Kerja Big Data?

Baca Juga: 3 Manfaat Data Satelit Terhadap Pengurangan Dampak Bencana, Geografi Kelas X SMA

Big Data yang berupa data dalam jumlah sangat besar dan beragam tersimpan dalam sebuah wadah khusus, Kids.