Find Us On Social Media :

5 Kelebihan Negara Serikat serta Ciri-cirinya, Apa Saja?

Negara serikat biasanya terdiri dari wilayah-wilayah atau negara bagian yang memiliki tingkat otonomi yang relatif tinggi.

GridKids.id - Kids, apakah kamu masih ingat dengan pengertian negara serikat?

Setelah membahas tentang kelebihan negara kesatuan, kali ini GridKids akan mencari tahu apa saja kelebihan negara serikat, ya.

Contoh negara yang menganut negara serikat adalah Australia, Amerika Serikat, Brazil, dan India.

Negara serikat adalah suatu bentuk sistem pemerintahan di mana negara atau wilayah terdiri dari unit-unit otonom yang lebih kecil yang dikenal sebagai negara bagian, provinsi, atau daerah otonom.

Negara serikat juga dipahami sebagai bentuk negara yang terdiri atas beberapa negara bagian atau wilayah otonom yang mempertahankan otonomi penuh mereka sendiri.

Tahukah kamu? Kekuasaan di negara serikat dibagi antara pemerintah pusat dan entitas pemerintahan yang lebih rendah.

Selain itu, negara serikat memiliki struktur pemerintahan yang terdiri dari pemerintahan pusat dan entitas pemerintahan yang lebih rendah, seperti negara bagian atau provinsi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui kelebihan negara serikat, apa saja?

Kelebihan Negara Serikat

1. Otonomi Daerah

Negara serikat biasanya terdiri dari wilayah-wilayah atau negara bagian yang memiliki tingkat otonomi yang relatif tinggi.

Baca Juga: 5 Kelebihan Negara Kesatuan serta Perbedaannya dengan Negara Serikat

Ini memungkinkan daerah-daerah tersebut untuk mengatur masalah internal mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik lokal.