Find Us On Social Media :

Peringatan Hari Hutan Indonesia 7 Agustus: Kenapa Kita Harus Merayakannya?

Hutan Indonesia merupakan yang terluas ketiga setelah Brasil dan Republik Demokratis Kongo.

GridKids.id - Kids, pada 7 Agustus hari ini diperingati sebagai Hari Hutan Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa.

Letak astronomis inilah yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak hutan yang jadi rumah untuk berbagai flora dan fauna.

Dilansir dari laman harihutan.id, hutan merupakan sebuah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisikan sumber daya alam hayati yang didominasi oleh pepohonan dan persekutuan alam lingkungannya yang menjadi satu kesatuan dan enggak bisa dipisahkan.

Indonesia adalah kawasan yang diberkahi Tuhan dengan banyak hutan-hutan tropis yang didalamnya jadi rumah tinggal berbagai kekayaan hayati di dunia.

Hutan menjadi penghasil sumber daya alam berupa kayu dan non-kayu, hingga menjadi pengatur iklim dan pengatur kesediaan air juga kesuburan tanah.

Bagi kondisi iklim dunia, hutan juga punya peranan penting karena keberadaan hutan sebagai penyerap karbon diperlukan agar global warming enggak semakin parah, Kids.

Hutan Indonesia menjadi hutan tropis terluas ketiga setelah Brasil dan Republik Demokrasi Kongo.

Namun selama rentan waktu 2001-2019, Indonesia terus kehilangan puluhan juta hektar tutupan hutan.

Hal ini berpengaruh besar bagi kekayaan hayati yang hidup di dalamnya, juga pada manusia yang memanfaatkannya.

Kenapa Kita Harus Merayakan Hari Hutan?

Penetapan Hari Hutan Indonesia pada 7 Agustus 2020 silam berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut.

Baca Juga: 8 Jenis Hutan yang Tersebar di Wilayah Indonesia, Geografi Kelas 11 SMA